5 Makanan Ini Bisa Bikin Warna Ikan Cupang Makin Cerah



Tren memelihara ikan cupang yang kembali ramai pada tahun 2020 lalu tampaknya masih berlanjut pada tahun 2021 ini. Selain siripnya, salah satu daya tarik ikan cupang adalah warnanya yang sangat cantik. Anda pun bisa membuat warna ikan cupang peliharaan semakin cerah dan cantik. Salah satunya adalah memberi makan ikan cupang dengan makanan yang mampu meningkatkan kecerahan warnanya.

Nah, apa saja makanan yang mampu membuat warna ikan cupang semakin cerah? Berikut uraiannya. Dikutip dari Betta Care Fish Guide, Minggu (3/1/2021), salmon adalah salah satu makanan yang paling umum digunakan untuk meningkatkan warna ikan cupang. Namun, perlu diingat, jangan terlalu banyak memberi makan ikan cupang dengan salmon. Sebab, nutrisi pada salmon cukup tinggi bagi ikan cupang. Oleh sebab itu, sebaiknya salmon hanya diberikan selama beberapa kali dalam seminggu.

Jika Anda ingin memberi makan salmon untuk ikan cupang, Anda bisa memotongnya menjadi potongan kecil atau membeli pakan ikan cupang yang mengandung salmon. Jenis kutu air daphnia adalah salah satu pilihan pakan yang bagus untuk meningkatkan warna ikan cupang. Bersama dengan beberapa jenis hewan crustacea yang lain, daphnia adalah sumber pigmen carotenoid, yang dapat memengaruhi warna ikan cupang. Dilansir dari The Nest, spirulina adalah alga mikro yang memberi manfaat kesehatan dan warna pada ikan hias. Karena ikan cupang adalah karnivora, maka kemungkinan ia tak akan memakan spirulina begitu saja.

Namun, ada banyak produk pakan ikan yang mengandung spirulina. Memberi makan ikan cupang dengan brine shrimp atau jenis hewan crustacea lain seperti daphnia dan copepod dapat meningkatkan warna ikan cupang. Crustacea biasanya merupakan sumber utama pigmen carotenoid yang dapat meningkatkan warna merah dan kuning pada ikan. Selain itu, brine shrimp biasanya tumbuh dengan mudah dan bebas penyakit, sehingga merupakan pakan hidup yang bagus. Secara umum, pakan hidup lebih menarik bagi ikan.

Cara terbaik untuk memastikan nutrisi ikan terpenuhi adalah dengan memberi berbagai macan makanan. Akan tetapi, Anda bisa meningkatkan nilai nutrisi makanan ikan cupang demgan menambahkan suplemen tertentu. Salah satu produk suplemen populer adalah berbentuk cairan yang digunakan untuk merendam makanan. Makanan kering beku bekerja dengan sangat baik, menyerap suplemen seperti spons. Tergantung pada suplemen spesifik yang Anda gunakan, mereka dapat menambahkan asam lemak dan vitamin ke makanan ikan cupang.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *