Apa Itu Karya Kolase, Montase, Aplikasi, Mozaik? Berikut Persamaan dan Perbedaan Serta Cara Membuat

Perasamaan dan perbedaan antara karya kolase, montase, aplikasi, mozaik dapat dilihat dari pengertiannya. Karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik merupakan sama sama sebuah karya seni rupa. Pengertian kolase, montase, aplikasi, dan mozaik menurut KBBI yakni:

Kolase adalah komposisi artistik yang dibuat dari berbagai bahan dari kain, kertas, kayu yang ditempelkan pada permukaan gambar. Montase adalah kumpulan gambar yang dipilih, diatur, dan dikaitkan dari beragam unsur untuk menghasilkan bentuk dengan gagasan baru. Aplikasi adalah karya hias dalam seni jahit menjahit dengan menempelkan (menjahitkan) guntingan guntingan kain yang dibentuk seperti bunga, buah, binatang, dan sebagainya pada kain lain sebagai hiasan.

Mozaik (baku:mosaik) adalah seni dekorasi bidang dengan kepingan bahan keras berwarna yang disusun dan ditempelkan dengan perekat. Perasamaan karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik dapat ditemukan pada teknik pembuatannya yang sama sama dengan cara tempel. Sementara perbedaan dari karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik dapat dilihat dari bahan yang digunakan.

Dikutip dari Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 karya Heny Kusumawati , montase dibuat dengan menempelkan gambar gambar yang sudah jadi. Gambar gambar itu dapat diambil dari majalah bekas, surat kabar, atau media lainnya. Gambar gambar itu kemudian disusun ulang membentuk gambar adegan baru sesuai yang kita inginkan.

Karya kolase dibuat menggunakan paduan aneka bahan misalnya kertas, kain, kayu. Aneka bahan itu ditempelkan pada permukaan gambar. Kemudian karya mozaik dibuat dengan menempelkan potongan potongan bahan.

Dibandingkan kolase, potongan potongan bahan yang ditempelkan lebih kecil. Bahan yang digunakan sejenis, misalnya kertas saja, kaca saja, atau keramik saja. Namun, supaya lebih menarik, digunakan macam macam warna.

Karya aplikasi dibuat dengan menempelkan suatu bentuk dari bahan tertentu. Karya aplikasi banyak diterapkan pada kerajinan kain. Buatlah gambar pada selembar kertas sesuai tema yang dipilih.

Siapkan bahan untuk kolase, misalnya kertas, kain, kayu, atau biji bijian. Potong potong bahan kolase, kecuali biji bijian. Tempelkan potongan potongan bahan pada gambar.

Tentukan tema karya, misalnya tentang keragaman budaya di Indonesia. Buatlah rancangan karya montase pada selembar kertas. Carilah gambar gambar sesuai rancangan. Gambar gambar dapat kamu peroleh dari buku bekas, majalah, atau koran bekas.

Guntinglah gambar gambar yang kamu peroleh. Rekatkan potongan gambar gambar pada kertas sesuai rancangan. Jika perlu, lengkapi dengan gambar dengan menggunakan pensil, lalu warnailah.

Siapkan bahan untuk aplikasi, misalnya kain atau kertas (kertas berwarna atau kertas bekas kalender). Rancanglah gambar pada selembar kertas sesuai dengan tema yang dipilih. Potonglah kain atau kertas menjadi bentuk tertentu, misalnya daun, bunga, binatang, atau bentuk bentuk lain sesuai dengan gambar rancangan.

Tempelkan potongan bentuk tersebut pada benda yang akan dihias. Tempelkan menggunakan lem atau dengan menjahit jika aplikasi menggunakan kain. Buatlah gambar pada selembar kertas sesuai tema yang dipilih.

Siapkan bahan untuk kolase, misalnya kertas atau kain. Potong potong kertas atau kain menjadi potongan kecil kecil. Tempelkan potongan potongan bahan pada gambar.

Kusumawati, Heny. 2017. Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas IV . Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *