Berikut 5 Langkah Mengatasi Diare Secara Alami, Patut Dicoba!


Diare bukanlah penyakit yang dapat disepelekan, meskipun bagi sebagian orang menganggapnya hanya sebagai gangguan pencernaan biasa. Hanya saja tanpa penanganan yang tepat maka diare bisa menyebabkan masalah yang lebih serius. Termasuk diantaranya bisa berujung pada kematian jika penderitanya sampai mengalami dehidrasi berat. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab penyakit yang satu ini, mulai diantaranya adalah infeksi virus, infeksi bakteri, keracunan makanan, intoleransi laktosa dan masih banyak lagi. Khusus untuk penanganannya sendiri juga harus disesuaikan dengan faktor penyebabnya.

 

Tak selalu harus dengan mengonsumsi obat-obatan medis untuk mengatasi penyakit yang menyerang sistem pencernaan ini. Karena faktanya sendiri ada banyak sekali diantara jenis pengobatan alami yang ampuh untuk mengatasi diare, yaitu:

 

  1. Tambah asupan cairan, bisa dikatakan bahwa hal ini termasuk dalam bentuk pertolongan pertama. Hal yang paling dikhawatirkan ketika seseorang terserang diare memang kekurangan cairan tubuh atau yang dikenal sebagai dehidrasi. Karena jika sudah demikian maka potensi penyakit tersebut bertambah parah juga kian tinggi. untuk itu maka Anda dapat mengatasinya dengan menambah asupan cairan, diantaranya adalah dengan banyak minum air putih, mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air ataupun juga minum oralit untuk menyeimbangkan kadar elektrolit tubuh. Hanya saja satu hal yang patut diketahui hendaknya Anda tidak mengonsumsi minuman seperti minuman berkafein, alkohol, minuman berkarbonasi dan sejenisnya yang sebenarnya hanya akan memperparah kondisi tersebut.
  2. Terapkan pola makan nutrition untuk pemulihan, penderita diare ini juga dianjurkan untuk menjaga pola makan mereka. Diantaranya adalah dengan nutrition dalam porsi makan kecil. Anda dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan pektin, makanan tinggi kalium, makanan yang mengandung elektrolit dan juga makanan yang kaya akan kandungan protein. Jangan sembarangan juga dalam mengonsumsi buah dan sayur karena tidak semuanya bagus dikonsumsi oleh penderita diare.
  3. Hindari jenis-jenis makanan tertentu, tak hanya melakukan nutrition pemulihan, melainkan Anda juga harus mengetahui jenis makanan seperti apakah yang hendaknya dihindari ketika sedang terkena diare. Mengingat beberapa jenis makanan memang dapat memperparah kondisi Anda tersebut seperti diantaranya adalah makanan yang tinggi lemak, makanan pedas, makanan berminyak, makanan dengan kandungan pemanis buatan dan juga fruktosa tinggi.
  4. Konsumsi probiotik, diare ini nyatanya juga bisa terjadi karena kadar bakteri jahat yang ada dalam tubuh terlalu tinggi, kalah dibandingkan dengan bakteri baik yang berperan penting untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat. Sehingga Anda dapat menyiasatinya dengan cara mengonsumsi probiotik. Hal ini akan sangat bagus untuk mempercepat durasi pemulihan dari penyakit diare yang Anda alami.
  5. Konsumsi obat-obatan untuk diare, setelah menerapkan cara di atas, maka yang tak kalah penting Anda juga harus menunjangnya dengan mengonsumsi obat-obatan untuk diare. Obat-obatan semacam ini juga banyak jenisnya, termasuk diantaranya adalah obat natural yang terbuat dari bahan-bahan alami. Namun jangan dikonsumsi sembarangan, melainkan pemakaian obat diare ini harus tetap dalam pengawasan dokter agar lebih aman dan efektif.

 

Mengatasi diare dengan tepat bisa mencegah resiko yang deadly karena penyakit tersebut. patut untuk diketahui bahwa diare ini bisa terjadi pada siapa saja, termasuk diantaranya adalah anak-anak. tentunya upaya penanganan yang dilakukan akan berbeda dengan diare yang dialami oleh orang dewasa bukan. Sehingga akan lebih aman jika seandainya dikonsultasikan ke dokter.

 










Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *