Butuh Uluran Tangan, 6 Tahun Lamanya Hazriah Hanya Bisa Terbaring Lemah karena Kanker Payudara



Enam tahun sudah Hazriah (21) terbaring lemah di kasur rumahnya dan membutuhkan uluran tangan karena tergolong masyarakat tidak mampu. Gadis yang tercatat sebagai santriwati Dayah Baitul Huda Al Aziziyah di Gampong Paya Naden, Kecamatan Madat, Aceh Timur ini sudah bertahun tahun berjuang melawan kanker payudara yang ia derita. Ketua Lembaga Acheh Future, Razali Yufuf membagikan kondisi dari santriwati binaannya.

“Sudah 6 tahun pasien mengalami sakit kanker payudara, dan selama ini hanya bisa terbaring lemah di rumahnya,” ungkapnya kepada Serambinews.com , Minggu (17/1/20210). Karena kondisi pasien sangat memprihatinkan, dan telah ditinggal ayahnya sejak kecil. Sehingga pasien kini tinggal bersama ibunya di rumah yang telah dibangun oleh Barisan Muda Ummat (BMU) di Desa Meunasah Asan, Kecamatan Madat, Aceh Timur.

“Ibunya hanya seorang pencari kepiting. Namun, sejak anaknya sakit ibunya tak bisa lagi bekerja. Karena itu mereka butuh uluran tangan para dermawan untuk meringankan beban hidup mereka,” ungkap Cek Lie, panggilan akrab Razali Yusuf. Beberapa waktu lalu, jelas Cek Lie, Hazriah meminta bantu dirinya agar bisa belajar mengaji di dayah.

Lalu, Acheh Future memfasilitasinya dengan memasukkan pasien belajar mengaji di Dayah Baitul Huda Al Aziziyah. Saat dimasukan ke dayah, memang kondisi pasien sudah sakit, namun dia tetap yakin belajar mengaji sambil berobat secara tradisional. “Namun karena kondisinya sangat memprihatinkan, pasien tak mampu lagi mengikuti belajar secara aktif, sehingga ia terpaksa menjalani perawatan tradisional di rumahnya, “jelas Cek Lie.

Sebenarnya pihak keluarga juga ingin pasien dibawa ke rumah sakit untuk menjalani perawatan medis. Namun, karena terkendala biaya mendampingi pasien, sehingga keluarga mengurungkan niat tersebut. Pun demikian, jelas Cek Lie, Sabtu (16/1/2021), pasien sempat dijenguk oleh H Sudirman atau Haji Uma, anggota DPD RI, saat pasien dibawa ke Aceh Utara.

Untuk diketahui, lembaga Acheh Future membantu anak warga kurang mampu yang berminat untuk mengaji. Acheh Future memfasilitasi dan memasukkan anak anak kurang mampu tersebut ke Dayah Baitul Huda Al Aziziyah dan dibantu kebutuhannya berdasarkan donasi dari para dermawan. Selain Hazriah, dari 23 santri binaan Acheh Future, ada dua lagi santri warga kurang mampu yang mengalami sakit dan perlu perhatian para dermawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *