Fakta-fakta Sukiman yang Mirip Jokowi, Dikerumuni Warga Saat ke Kampung, Dikira Jokowi



Viral di media sosial seorang pengantin yang mirip Presiden Jokowi. Pria tersebut ternyata pernah merantau ke Malaysia. Kini ia bekerja sebagai seorang petani.

Selain bekerja di sawah, Sukiman juga mencari nafkah dengan mencari pasir di sungai. "Ya jualan pasir juga, pokoknya apa saja yang bisa untuk cari uang," kata pria kelahiran 1986 itu. Sukiman yang tidak tamat sekolah dasar (SD) ini mengaku bekerja apa saja untuk mendapatkan rezeki yang halal.

Sebelumnya, Ia bertahun tahun merantau ke Malaysia sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI). Uang hasil kerjanya ia pakai untuk membangun rumah. Kini setelah pulang, ia tidak ingin lagi bekerja ke negeri orang.

"Saya ingin bangun usaha sendiri, bedagang apa kek, bisa jualan baju, datang durian pun bisa saja," katanya. Putra kedua pasangan Unun dan Zainuddin itu berharap ada berkah di balik viralnya foto tersebut. Misalnya ada yang mau kasi bantuan uang untuk modal usaha.

Ia juga berdoa agar rezekinya dilancarkan atau ada orang yang memberinya pekerjaan baru. Sebelumnya diberitakan, foto pernikahan Sukiman bersama Rohani, Kamis (29/10/2020) lalu, viral karena dalam foto tersebut wajah pengantin pria sangat mirip Presiden Jokowi. Foto tersebut diunggah Arta Pratama Rias Pengantin di akun media sosialnya. Warganet pun dibuat heboh.

Ia menikah dengan Rohani (30), warga Desa Montong Gamang, Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah. Sukiman dikerumuni warga saat berkunjung ke rumah mertuanya di Desa Montong Gamang, Lombok Tengah Minggu (1/11/2020) Warga terlihat memadati rumah mertua Sukiman, penasaran ingin melihat wajah pria yang katanya mirip orang nomor satu di Indonesia itu.

"Kami ingin lihat mana orang yang katanya mirip Bapak Jokowi itu dan benar ternyata mirip Pak Jokowi," kata Muliana salah seorang warga setempat. Muliana menyebut, awalnya ia tidak mengetahui suami tetangganya itu mirip Jokowi. Muliama mengetahui setelah viral di media sosial. "Ya fotonya viral di Facebook, awalnya tidak tahu mirip Jokowi, tapi setelah dia (Sukiman) datang bener mirip pak Presiden," kata Muliana.

Tidak hanya Muliana, Mahrif ipar dari Sukiman juga mengaku kaget karena baru sadar iparnya itu mirip Jokowi. "Saya tahu dari teman teman dibilang ipar saya mirip Jokowi, dan setelah lihat FB, ya kalau dilihat benar memang mirip pak Jokowi," kata Mahrif. Mahrif mengaku senang punya ipar mirip Jokowi, karena banyak yang menayangkan hal itu ke pada dirinya.

Sukiman masih berharap hikmah di balik viralnya foto tersebut. Bila memungkinkan, petani cabai ini sangat ingin bertemu Presiden Jokowi. "Mudahan suatu saat bisa bertemu pak Presiden Jokowi," katanya malu malu.

Meski demikian, sebagai orang kecil, Sukiman merasa hal itu tidak mungkin terwujud. "Tapi gak tahu juga rezekinya orang miskin kayak saya," ujar anak kedua dari lima bersaudara ini. Selain mirip Presiden Jokowi, Sukiman juga memiliki nama yang sama dengan Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy.

Nama itu merupakan pemberian kedua orang tuanya, pasangan Unun dan Zainuddin. Adapun foto pernikahan Sukiman bersama Rohani yang berlangsung Kamis (29/10/2020), viral. Hal itu karena dalam foto tersebut wajah pengantin pria mirip dengan Presiden Jokowi.

Foto tersebut diunggah Arta Pratama rias pengantin di akun media sosialnya. Sukiman berharap viralnya foto dirinya mirip Presiden Jokowi bisa menjadi pertanda baik. Siapa tahu ke depan nasibnya bisa berubah lebih baik.

Sebagai seorang petani dan mantan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia, ia ingin nasibnya berubah. "Mudahan bisa lebih banyak rezekilah," harap Sukiman. Setelah menikah ia harus bekerja lebih keras menghidupi istri dan anaknya kelak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *