Jokowi: Ruas Tol Pekanbaru-Dumai Sudah Undang Minat Investasi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, rampungnya pembangunan Tol Pekanbaru Dumai telah mengundang minat investor menanamkan modalnya di sekitar jalur tol. "Sudah mengundang minat investasi untuk mengembangkan usaha di sekitar jalur tol ini. seperti membangun kawasan industri yang ini akan membuka lapangan pekerjaan," kata Presidensaat meresmikan Jalan tol Pekanbaru Dumai secara virtual dari Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Jumat, (25/9/2020). Selain kawasan Industri, menurut Presiden tol Pekanbaru Dumai juga mengundang minta investasi di sektor perumahan, pariwisata, dan sektor ekonomi baru.

"Tentu akan meningkatkan aktivitas perekonomian wilayah, dan sekali lagi membuka lapangan kerja yang lebih banyak lagi bagi anak muda kita," katanya. Presiden meminta pemerintah daerah merespon minat investasi tersebut dengan cepatagar masyarakat dapat merasakan manfaat yang lebih banyak dari infrastruktur yang dibangun pemerintah. "Jadi saya titip kepada pemerintah daerah dan warga masyarakat Pekanbaru Dumai, agar memanfaatkan infrastruktur ini sebaik baiknya, jadikan modal untuk mengembangkan lebih banyak lagi peluang peluang usaha, dan juga sarana untuk meningkatkan pemerataan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.

Tol Pekanbaru Dumai memiliki panjang 131,5 Kkilometer. Pembangunan tol tersebut menelan biaya Rp 12,18 triliun. Ruas tol ini terdiri dari enam seksi tol, yaitu seksi 1 (Pekanbaru Minas) sepanjang 9,5 KM , seksi 2 (Minas – Kandis Selatan) sepanjang 24,1 KM, seksi 3 (Kandis Selatan – Kandis Utara) sepanjang 16,9 KM, seksi 4 (Kandis Utara Duri Selatan) sepanjang 26,5 KM, seksi 5 (Duri Selatan Duri Utara) sepanjang 29,45 KM dan seksi 6 (Duri Utara Dumai) sepanjang 25,05 KM. Sebelum diresmikan tol Pekanbaru Dumai telah melewati uji laik fungsi (ULF).

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol Pekanbaru Dumai, Sumatera, Jumat, (25/9/2020). Presiden meresmikan jalan tol yang merupakan bagian dari ruas tol trans Sumatera tersebut secara virtual dari Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat. Jalan tol Pekanbaru Dumai merupakan bagian dari ruas tol trans Sumatera yang membentang dari Lampung hingga Aceh sepanjang 2878 Km.

"Jalan tol ini juga memperpendek jarak tempuh kota Pekanbaru Dumai, dari sebelumnya 200 km jika lewat jalan nasional menjadi hanya 131 KM jika ditempuh melalui jalan tol ini," katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *