Kesulitan Ekonomi, Pinkan Mambo Sungkan Minta Bantuan: Karena Maia Estianty Bukan Sumber Duit Gue

Penyanyi Pinkan Mambo sempat alami kesulitan hidup dan jatuh miskin karena beberapa tahun tak punya pekerjaan. Ia sampai terlilit hutang dan mesti berjualan pisang untuk memenuhi hidup enam orang anaknya. Meski begitu, Pinkan Mambo enggan meminta bantuan kepada rekan rekan sesama artis, termasuk Maia Estianty.

Hal itu terungkap melalui tayangan di kanal YouTube Melaney Ricardo, Kamis (10/9/2020). Padahal, Pinkan Mambo pernah menjadi duet mantan istri Ahmad Dhani itu di grup vokal Ratu. Maia Estianty membentuk grup duo Ratu bereng Pinkan bersama Pinkan Mampo pada tahun 2003 sampai 2004.

Namun, pada tahun 2005 Pinkan Mambo mundur dari Ratu, dan Maia memilih Mulan Kwok (Mulan Jameela) sebagai vokalis barunya. "Saat kemarin kamu lagi susah banget, kenapa nggak coba reach out kepada temen duet dulu, misalnya Bunda Maia?" tanya Melaney. "Kan di pelajaran kita, 'Jangan meminta minta'," jelas Pinkan.

Tak puas Melaney ingin tahu alasan Pinkan tidak mencoba menghubungi rekan rekan lamanya. Pasalnya, penyanyi 39 tahun itu masih cukup potensial menurut Melaney. "Tapi maksudnya untuk reach out job , pekerjaan, suaramu kan bagus banget Pin," kata Mellaney.

"Kan maksudnya sayang, kamu punya talenta sangat potensial," tambahnya. "Jadi kita harus kayak 'Undang gue dong' gitu?" Pinkan bertanya balilk "Enggak maksudnya 'apa kabar', kamu pernah reach out nggak ke Bunda Maia?" tanya Melan.

"Enggak," jelas Pinkan. Melaney menduga Pinkan barangkali sungkan untuk meminta bantuan. Namun bukan soal sungkan, Pinkan lebih memilih meminta langsung kepada Tuhan.

Menurutnya, doa bakal dijawab Tuhan melalui orang orang yang dipilih. Karena itu, Pinkan tak mau berharap apalagi meminta minta kepada teman temannya. "Ya karena Bunda bukan sumber duit gue, sumber duit gue ya doa, doa dan mukjizat," ucap Pinkan.

"Ya gue telponnya mukjizat aja bukan Bunda, nanti mukjizat itu yang telepon Bunda kek, Melaney Ricardo kek," Melaney menimpali. "Oh jadi bisa lewat Bunda, bisa lewat gue, bisa lewat orang lain, tapi lu mintanya langsung ke Tuhan," tuntas Pinkan. Dalam kesempatan itu, Pinkan Mambo curhat kesusahan hidupnya setelah lima tahun tak punya pekerjaan.

Menggantungkan hidup dari bernyanyi, Pinkan Mambo harus terseok seok menjalani hidup saat kariernya mulai meredup. Pelantun lagu Kekasih Tak Dianggap itu diketahui kini sampai harus berjualan pisang goreng keliling untuk membiayai hidupnya. Melaney pun penasaran dengan kesulitan yang harus dihadapi Pinkan bersama enam anaknya.

Penyanyi yang pernah menjadi duet Duo Ratu bersama Maia Estianty itu curhat pernah sangat kesulitan untuk membayar utang Rp 100 juta di bank. "Jangankan Rp 100 juta, Rp 100.000 aja gue enggak punya," curhat Pinkan. "Dan, gue enggak tahu harus cari Rp 20.000 itu dari mana," kata Pinkan sambil tersendu.

Belum punya keahlian lain selain menjadi penyanyi, Pinkan sempat bingung saat dituntut putar otak. Apalagi saat penagih utang mulai datang kepadanya. "Kalau kolektor bilang lu mesti bayar Rp 20 juta minggu ini, besok Rp 20 juta, Rp 20 juta ya gue enggak tahu cari uang Rp 5.000 perak itu dari mana," ucap penyanyi 39 tahun tersebut.

"Karena gua dulu kan penyanyi, gue nggak tahu puter otak orang yang nggak nyanyi gimana," tambahnya. "Dari kecil gue hidup dari nyanyi, terus tiba tiba jadi artis, dan gue nggak tahu yang harus hidup susah, jualan, gue gitu gitu (awalnya) nggak ngerti," imbuhnya. Lima tahun tak bekerja, segala kemewahan yang pernah di dapat Pinkan lambat laun hilang.

Hal itu membuatnya syok karena tak tahu harus bekerja apa. "Mbak gue dulu banyak, suster gue dulu banyak, tapi itu terjadi pada gue. Jadi gue nggak tahu kerja apa," curhat Pinkan. "Job nggak ada?" tanya Melaney.

"Nggak ada, lima tahun Tuhan izinkan," jelas Pinkan. Sambil mulai sesenggukan, Pinkan mengaku hanya bisa berdoa memohon mukjizat. Ia sedih sekaligus malu terhadap satpam saat penagih utang datang ke rumahnya.

"Aku sedih. Debt collector datang ke rumah aku, aku malu sama satpam, tapi Tuhan aku percaya mukjizat itu di mana mana, Tuhan tolong jangan mempermalukan aku,” ujar Pinkan Mambo. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *