Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 SD Halaman 118 119 120 121 123 Subtema 3 Pembelajaran 4 Buku Tematik

Inilah kunci jawaban Tema 4 untuk kelas 3 SD/MI pada buku tematik halaman 118, 119, 120, 121, dan 123. Soal ini ada dalam Subtema 3 Pembelajaran 4 Kelas 3 SD Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Ada empat subtema dalam buku tematik kelas 3 SD Tema 4 yang berjudul Kewajiban dan Hakku.

Pada subtema 3, siswa kelas 3 SD akan belajar mengenai Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga. Ada beberapa pembelajaran yang bisa dikerjakan siswa kelas 3 SD/MI dalam buku tematik 4 subtema 3 pembelajaran 4. Bacalah dengan suara nyaring!

Aku Ingin Lingkungan Bersih Edo sedang duduk di depan rumahnya. Ia melihat seorang anak yang tidak dikenal. Anak itu ingin mencoret coret tembok tetangganya. Edo mengingatkannya dengan santun agar tidak mencoret coret tembok. Edo juga pernah mengingatkan tetangganya yang membuang sampah sembarangan. Dengan santun, Edo mengingatkan tetangganya untuk membuang sampah pada tempatnya.

Edo ingin lingkungan tempat tinggalnya bersih. Ia melakukan sesuatu yang dapat ia lakukan. Mengingatkan teman yang melakukan kesalahan adalah kewajiban kita. Lakukanlah dengan cara yang santun. Amati kembali teks yang berjudul Aku Ingin Lingkungan Bersih!

Tuliskan masalah dan penyelesaiannya pada tabel berikut! Jawaban: Setiap orang menginginkan lingkungan bersih. Apakah kamu pernah mempunyai masalah kebersihan di lingkunganmu? Bagaimana penyelesaiannya?

Bekerjalah dalam kelompok! Tentukan satu masalah yang pernah dialami anggota kelompokmu! Diskusikan penyelesaiannya!

Sampaikan hasil diskusimu di depan kelas! Beri kesempatan kepada semua anggota untuk mengeluarkan pendapatnya! Lakukan dengan percaya diri!

Jawaban: Aku pernah melihat perpustakaan dalam tidak rapi. Buku buku di perpustakaan tidak ditata dengan rapi. Banyak buku yang ditaruh sembarangan dan tidak berada di rak. Selain itu, sejumlah sampah juga ditemukan di perpustakaan. Sampah sampah ini kebanyakan bekas kemasan makanan atau snack. Jadi, beberapa anak anak tidak membuang sampah itu ke tempat sampah.

Merasa risih, aku pun meminta bantuan beberapa teman untuk bergotong royong membersihkan perpustakaan. Aku bertugas menyapu perpustakaan. Sementara teman teman yang lain, ada yang menata buku, mengumpulkan sampah lalu membuangnya ke tong. Karena dilakukan secara bergotong royong, pekerjaan membersihkan perpustakaan cepat selesai. Kami pun senang melihat kondisi perpustakaan yang tampak bersih dan rapi. Setiap orang berhak mendapat lingkungan yang bersih. Setiap orang juga wajib menjaga agar lingkungannya tetap bersih. Bagian mana saja di lingkunganmu yang harus selalu bersih?

Bekerjalah bersama teman sebelahmu! Uraikan kewajiban dan hak tentang lingkungan rumah yang bersih! Tuliskan pada tabel berikut!

Jawaban: Ayo Bercerita (Halaman 121) Amati kembali daftar kewajiban dan hak yang kamu buat!

Ceritakan pengalamanmu dalam melaksanakan kewajiban dan hak kepada teman sebelahmu! Lakukan dengan percaya diri! Jawaban:

Setiap dari kita berhak mendapatkan lingkungan rumah yang bersih, sehat, dan rapi. Untuk mendapatkan hal itu, kita wajib melakukan beberapa hal. Misalnya, saat kita ingin lingkungan rumah bersih dan bebas dari sampah, maka kita harus rajin menyapu. Selain itu, kita juga wajib membuang sampah pada tempatnya. Begitu juga jika kita ingin lingkungan rumah teduh dan rapi. Kita wajib menanam pohon di sekitar rumah. Kita juga wajib merawat tanaman tersebut.

Demikianlah cara menjaga kebersihan lingkungan yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari hari. Dengan begitu, tak hanya mendapatkan lingkungan rumah yang bersih dan rapi, tapi kita juga mendapat lingkungan rumah yang bersih dan bebas dari penyakit. Hidup bertetangga sangat menyenangkan. Kita dapat bertemu dengan tetangga di banyak kesempatan. Ibu Beni sering bertemu tetangga saat belanja di tukang sayur keliling. Tukang sayur mereka sangat menjaga kebersihan. Dia juga tahu aneka bahan makanan sehat yang dibutuhkan. Ibu Beni dan tetangganya memilih bahan makanan yang segar dan bergizi bersama sama. Amati gambar Ibu Beni dan para tetangga yang sedang membeli sayuran!

Menurutmu, bagaimana cara memilih sayuran yang baik? Diskusikan dengan teman di sebelahmu! Tuliskan hasil diskusimu pada tempat tersedia!

Jawaban: Kamu telah mengetahui cara memilih sayuran dan makanan yang baik dan bergizi. Oleh karena itu, kamu wajib bersyukur mendapat makanan bergizi. Kamu juga wajib berterima kasih kepada orang tuamu. Apakah kamu pernah ikut ibu berbelanja di pasar? Coba sesekali ikut ibumu ke pasar. Lihatlah bagaimana ibumu memilih bahan makanan, sayuran dan buah buahan untuk seluruh keluarga. Ceritakan pengalamanmu di depan kelas!

Jawaban: Hari Minggu kemarin, saya ikut ibu ke pasar untuk membeli sayuran. Sebelum masuk pasar, kami cuci tangan memakai sabun terlebih dahulu. Selama di pasar, kami tetap memakai masker dan berusaha menjaga jarak. Setiba di penjual sayuran langganan, ibu menanyakan beberapa jenis sayuran. Seperti kangkung, sawi, bayam, bawang merah, bawang putih, hingga kentang.

Penjual mengambil beberapa sayuran yang diminta ibu. Ibu lantas memilih sayuran yang dibutuhan. Ia melihat warna daun pada kangkung, sawi, dan bayam. Jika ada daun yang layu, ibu tidak memilihnya. Ibu memilih sayuran yang masih berwarna segar. Begitu juga dengan sayuran berupa bawang merah, bawang putih, hingga kentang. Ibu memilih bawang putih dengan warna putih dan bersih, tidak bertunas. Ibu juga membeli bawang merah dengan kulit bawang yang tidak keriput dan tidak berwarna kekuningan. Selesai memilih sayuran, ibu melakukan tawar menawar dengan si penjual. Setelah mendapat harga pas, ibu memasukkan sayuran ke dalam kantong belanja yang dibawa dari rumah. Ya, ibu tidak mau menggunakan kantong plastik untuk membawa barang belanja.

Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *