Manfaat Program JKN-KIS Terasa Nyata Bagi Masykur, Pendeirta Diabetes

Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan terus dirasakan manfaatnya oleh sebagian besar masyarakat. Salah satunya adalah Kemas Abdullah Masykur (57) yang sejak beberapa tahun yang lalu didiagnosa sakit Diabetes. Masykur merasa sangat beruntung telah terdaftar sebagai peserta pada Program JKN KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Saat ditemui di kediamannya, Masykur menceritakan pengalamannya saat mendapatkan pelayanan di puskesmas ataupun rumah sakit dengan menggunakan Kartu JKN KIS. “Alhamdulillah, bersyukur sekali saya sudah menjadi peserta JKN KIS. Sejak terdaftar sebagai peserta, saya sangat sering memanfaatkan kartu ini," ujar Masykur tersenyum sambil menunjukan kartu JKN KIS, Senin (14/12/2020).

Masykur mengatakan bahwa sakit diabetes yang ia derita telah lama mengidap di tubuhnya, hingga saat ini mengakibatkan penglihatannya sudah sangat kabur dan juga penyakit jantung. "Diabetes yang saya alami saat ini karena waktu masih muda pola makan saya yang tidak teratur sehingga gula darah tinggi, hingga 3 tahun terakhir diabetes yg saya idap ini menyebabkan gangguan pada mata dan jantung. Mata saya saat ini sudah tidak mampu melihat lagi, pernah juga dilakukan operasi tapi hasilnya masih belum optimal," papar pria yang terdaftar sebagai peserta pada segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) ini. Ia mengaku semua pelayanan kesehatan yang ia jalankan semuanya hanya dengan mengandalkan kartu JKN KIS, ia sama sekali tidak mengeluarkan biaya pengobatan karena seluruhnya termasuk obat obatan ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

"Dari pemeriksaan ke poli penyakit dalam, periksa mata, hingga terakhir operasi mata, semuanya tidak pernah bayar, saya cukup menunjukkan kartu JKN KIS. Sampai sekarangpun saya rutin kontrol, semuanya juga masih ditanggung oleh BPJS Kesehatan," kata Masykur. Berdasarkan pengalamannya tersebut, Masykur menyampaikan pelayanan yang selama ini ia rasakan pada saat menggunakan Kartu JKN KIS sangatlah memuaskan, baik di puskesmas ataupun di rumah sakit. Diakhir perbincangan ia juga menyampaikan harapannya agar Program JKN KIS berjalan terus selamanya, agar manfaat besar yang ada pada program pemerintah ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat yang membutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *