Pemerintah Targetkan Laju Penularan dan Kematian Akibat Covid-19 Turun Dalam Dua Pekan



Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menargetkan angka kematian akibat covid 19 dan laju penularan turun dalam dua pekan di sembilan provinsi. Bagaimana cara atau strategi Luhut untuk mencapai target Presiden Jokowi menurunkan angka kematian dan laju penularam Covid 19? Luhut mengaku bekerja bersama te work dan tidak terkotak kotak.

Luhut dan tim memetakan ada tiga masalah pokok dalam penanganan Covid 19 di tanah air. Pertama, bagaimana menangani di hulu. Hal ini terkait sosialisasi dan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan. "Di sini ini kita memulai testing, tracing, karantina dan segala macam. Ini kan kurang terpadu," jelas Luhut.

Kedua, penanganan hilir dari rumah sakitnya. Di rumah sakit rujukan Covid 19, Luhut dan tim.menemukan sejumlah persoalan terkait pengobatan. Ia pun memanggil dokter ahli untuk membahas obat obat penging yang perlu disediakan untuk pasien Covid 19 di rumah sakit.

"Karena semua standar, sudah ada. Sekarang kita perbaiki logistik di rumah sakit, dengan perawatannya, dengan manajemen," jelasnya. Dalam perjalanan, Luhut dan tim menemukan persoalan baru yakni sistem pembayaran ke rumah sakit rujukan Covid 19. "Ada 450 rumah sakit rujukan yang belum dibayar oleh BPJS. Ternyata BPJS sudah tidak punya utang yang jadi masalah adalah di rumah sakit ini dengan sistem yang baru ini yang semua online ini itu juga ada sedikit masalah. Kita perbaiki kami rapat, 500 rumah sakit sekarang semua sudah jalan," tegasnya.

Kemudian melalui penanganan karantina yang bagus dan operasi disiplin oleh TNI/Polri dan Satpol PP, Luhut yakin dua pekan mendatang akan terjadi penurunan kasus kematian dan penularan Covid 19. "Jadi kalau ini semua bisa berjalan, dalam dua minggu ke depan kemudian penanganan karantina ini juga bagus, seperti yang di Wisma Atlet, terus nanti di TNI, Polri Satpol PP sudah mulai kerja, maka ini akan turun," ucapnya. Sebelumnya Presiden Joko Widodo meminta angka kematian dan laju penularan virus corona atau Covid 19 di sembilan provinsi diturunkan.

Kesembilan provinsi yang menyumbang angka kematian dan kasus baru Covid 19 secara drastis ialah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Papua, dan Bali. "Presiden telah menugaskan Menko Marves, Luhut Panjaitan dan Kepala BNPB bekerja sama dengan Menkes, Terawan untuk menangani kasus Covid 19," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid 19 Wiku Adisasmito, melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/9/2020). "Targetnya adalah penurunan penambahan kasus harian, peningkatan kesembuhan, dan menurunkan angka kematian dalam dua minggu ke depan," lanjut Wiku.

Untuk itu, lanjut Wiku, Presiden meminta penerapan aturan tentang pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat. Wiku mengatakan, penerapan aturan tersebut menyertakan sanksi pidana yang bisa diterapkan dalam menertibkan masyarakat agar disiplin mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, Presiden menginstruksikan kepada Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Monardo, dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memperbaiki manajemen perawatan pasien Covid 19 di sembilan provinsi itu.

"Peningkatan manajemen perawatan pasien Covid berguna untuk menurunkan mortality rate (angka kematian) dan meningkatkan tingkat kesembuhan, dan spesifik dalam penanganan klaster Covid di setiap provinsi," lanjut dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *