Sidang Pemakzulan Kedua Presiden ke-45 AS, Narasumber: Trump Tak Puas dengan Kinerja Pengacaranya



Sidang pemakzulan Presiden ke 45 Amerika Serikat (AS) Donald Trump digelar Selasa (9/2/2021) waktu setempat. Menurut informasi yang disampaikan oleh narasumber yang dekat dengan Trump, ia tidak puas dengan argumen pembukaan Bruce Castor di lantai Senat Selasa sore (9/2/2021). Melaporkan, Trump hampir berteriak ketika Castor membuat argumen yang berliku liku.

Sekutu Trump terperangah ketika pengacara Trump mengganti slot pembicara pada menit terakhir. Dalam persidangan pemakzulan Trump, tampaknya para senator kesulitan memperhatikan argumen panjang yang disampaikan pengacara Trump. Kebanyakan senator tetap duduk selama penyampaikan argumen bahkan ada yang berjalan jalan agar kembali fokus pada acara tersebut.

Senator Partai Republik Roy Blunt menghabiskan sebagian besar waktu setengah jam di lobi luar sebelum kembali dan mengambil tempat duduknya. Lalu, Senator Republik Josh Hawley membuat catatan agar lebih memperhatikan argumen. Senator Partai Republik Thom Tillis, yang sedang memulihkan diri dari cedera kaki, menghabiskan sebagian waktunya di bangku di belakang ruangan, tetapi akhirnya kembali dan duduk di kursinya.

Dilansir dan , berikut fakta fakta dalam sidang perdana pemakzulan kedua Donald Trump. Demokrat telah memutuskan untuk bergerak cepat, termasuk kemungkinan tidak memanggil saksi. Bukti terbaik, menurut mereka, adalah apa yang telah terlihat dalam video dan lainnya yang menunjukkan apa yang terjadi sebelum dan selama penyerbuan Capitol pada 6 Januari lalu.

Untuk memulai debat tentang persidangan, pimpinan manajer pemakzulan Rep. Jamie B. Raskin (D Md.) memutar video 13 menit yang memperlihatkan kembali adegan adegan buruk pada 6 Januari. Video tersebut menampilkan perilaku dan retorika kekerasan, vulgar dan bahkan video perusuh Capitol, Ashli Babbitt, yang ditembak mati. Raskin kemudian menutup dengan menceritakan pengalamannya sendiri selama penyerbuan Capitol.

Ia mengatakan, "suara yang tidak akan pernah saya lupakan: suara gedoran di pintu seperti pendobrak, suara paling menghantui yang pernah saya dengar." Dia menyebutkan kematian dan banyak luka yang terjadi hari itu, dan petugas yang bunuh diri beberapa hari kemudian. Dia menyebut seorang petugas yang "disiksa" dengan tiang bendera Amerika.

Raskin, yang menguburkan putranya sekitar waktu pengepungan Capitol, berulang kali terbawa suasana saat menceritakan hal hal ini. Namun, pertanyaan di hadapan Senat bukanlah tentang seburuk apa yang terjadi pada 6 Januari. Akan tetapi, apakah Trump menghasut pendukungnya, seperti yang dituduhkan dalam artikel pemakzulan.

Video berdurasi 13 menit itu menunjukkan beberapa komentar Trump, termasuk klip pidatonya dari rapat umum sebelumnya, dan komentarnya yang berbelit belit beberapa jam setelah dimulai. Tim Trump membantah bahwa emosi seperti itu seharusnya tidak mengaburkan pertanyaan kesalahan. Pengacara Trump, Bruce L. Castor Jr. memulai sambutannya dengan memuji Raskin atas presentasi dan refleksi pribadinya, tetapi dengan alasan bahwa emosi seharusnya tidak menentukan tanggapannya.

Ada sedikit keraguan bahwa apa pun yang diajukan Demokrat tidak akan cukup menarik bagi cukup banyak senator Republik, atau setidaknya 17 orang yang akan dibutuhkan untuk menghukum Trump. Semua kecuali 13 senat telah mengisyaratkan mereka mendukung pembebasan Trump. Ada perbedaan antara mengatakan "hal yang melibatkan Trump dan pendukungnya ini adalah buruk" dan "Trump menghasut hal itu."

Adalah tanggung jawab Demokrat untuk membuktikan yang terakhir. Sejauh ini Senat hanya memiliki dua suara substantif bukan tentang apakah akan menghukum Trump, tetapi tentang apakah mereka harus mengadakan persidangan atau tidak. Dua minggu lalu, hanya lima senator Republik yang menentang mosi untuk membatalkan persidangan dengan alasan konstitusional.

Mereka adalah Mitt Romney dari Utah, Pat Toomey dari Pennsylvania, Lisa Murkowski dari Alaska, Susan Collins dari Maine dan Ben Sasse dari Nebraska. Masalah itu ditinjau kembali Selasa, dengan masing masing pihak diberi waktu dua jam untuk mengajukan kasusnya tentang apakah persidangan diizinkan berdasarkan Konstitusi. Manajer pemakzulan DPR dapat mengubah pikiran Senator Bill Cassidy, R La.

Ia bergabung dengan lima Republik lainnya dan semua Demokrat dalam menyatakan bahwa persidangan konstitusional. Suara 56 44 berarti persidangan akan dilanjutkan. Tapi itu juga menandakan kesulitan yang akan dihadapi Demokrat dalam menjatuhkan hukuman.

Senator Kevin Cramer, R N.D., mengatakan "sangat tidak mungkin" bahwa seorang senator akan memberikan suara menentang konstitusionalitas tetapi kemudian memilih untuk menghukum Trump. "Ini akan menjadi trik mental yang sulit untuk meyakinkan diri sendiri bahwa, di satu sisi, ini adalah latihan inkonstitusional dan, di sisi lain, saya harus terbuka terhadap keyakinan," kata Cramer beberapa saat sebelum persidangan dimulai." Pengacara Trump, Bruce Castor, mungkin telah mencuri perhatian di sidang itu, meski tampaknya tidak sengaja.

Dalam presentasi yang berlangsung hampir satu jam, Castor berbicara terus terang, berkelok kelok dari sejarah Yunani kuno hingga mengacu pada Perang Revolusi. Ia membahas masa kecil yang dihabiskan dengan mendengarkan mantan senator seperti Everett Dirksen. Castor juga berbicara tentang Toomey, mencatat bahwa dia juga dari Pennsylvania.

Ia berusaha untuk menyanjung Sasse, menyebut Nebraska sebagai "tempat berpikir yudisial". Kedua senator tersebut dianggap melakukan swing voting. Sebagian besar, Castor membuat senator bingung tentang apa maksud pidatonya.

"Saya pikir pengacara presiden, pengacara pertama, hanya mengoceh terus menerus dan tidak benar benar membahas argumen konstitusional," kata Senator John Cornyn, R Texas, kepada wartawan. Sekutu Trump mencoba memutar presentasi yang membingungkan sebagai bagian dari strategi untuk menjauh dari argumen emosional Demokrat. Namun kemudian, Castor mengakui bahwa setelah mereka menonton presentasi dan video Demokrat, dia dan pengacara Trump lainnya, David Schoen, memutuskan untuk mengubah arah.

"Saya akan berterus terang kepada Anda. Kami mengubah apa yang akan kami lakukan karena kami pikir presentasi manajer DPR dilakukan dengan baik," kata Castor dalam mengakhiri sambutannya. Di penghujung sidang hari pertama, tidak ada tanda tanda telah terjadi terobosan atau penerangan yang akan menghukum Trump. "Saya pikir para pengacara telah dipersiapkan dengan sangat baik dan berbicara dengan baik. Saya pikir, sebenarnya, Demokrat mengirim tim yang lebih baik tahun ini daripada tahun lalu," kata Senator Roger Wicker, R Miss., kepada wartawan.

Namun dia menambahkan, "Itu tidak mengubah pikiran saya."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *